Ayo gabung Neobux ! anda dibayar untuk tiap iklan yang anda klik

Jumat, 04 Juli 2008

Masa Depan Pertanian Indonesia (Catatan untuk Alumni)

Rasanya aneh membicarakan sektor pertanian kita. Saya hanya coba mengaitkannya peranan PT-Stakeholder-Alumni Pertanian. Tulisan ini merupakan refleksi untuk alumni saja.

Mengharapkan pertanian Indonesia maju melalui kontribusi PT rasanya terlalu berlebihan. Kurikulum pendidikan yang masih "samar" membuat keterkaitan PT dengan sektor pertanian semakin jauh. Hasil riset penelitian di PT selama ini tidak banyak terpublikasikan kepada publik, sehingga terkesan penelitian hanya merupakan "proyek" untuk meningkatkan kesejahteraan tanpa ada hasil yang aplikatif untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Sumbangan kajian untuk kebijakan pertanian yang dilakukan PT juga tidak pernah terpublikasikan oleh media. Yang terjadi lahan pertanian semakin terkikis, produktivitas hasil pertanian semakin menurun, bendungan2 semakin kering, nilai tukar petani menjadi sangat rendah karena menjadi konsumen netto terhadap produk pertanian untuk konsumsinya sendiri.

PT mengharuskan diri untuk merekonstruksi institusinya jika masih ingin mengharapkan pertanian di Indonesia menjadi raja di negerinya sendiri. Agar hasil pertanian Indonesia bisa menyentuh semua lapisan masyarakat dari pasar tradisional-hypermarket. Kurikulum pun harus dirubah dengan lebih memposisikan bukan lagi sebagai guru untuk petani, tetapi sekarang harus memposisikan diri petani dan alam pertanian adalah guru yang terbaik bagi PT. Karena menurut pengalaman saya, dulu seakan2 kita insan PT adalah orang yang lebih pintar bagi petani. Padahal menanam pun belum tentu tumbuh. Berdagang pun masih kalah dengan tengkulak.

Mengharapkan alumni pertanian, sungguh merupakan tamparan bagi diri saya. Alih2 bekerja untuk petani, mungkin berlaku juga bagi kawan2 yang lain. Semua berbondong2 bekerja di luar sektor pertanian. Hal ini sebenarnya di luar kewajaran, karena jika membiarkan ini berlangsung terus menerus, membuat tenaga ahli di sektor pertanian semakin minim. Kesan profesi petani sebagai profesi yang tertinggal akan terus tertanam di benak mahasiswa dan alumni. Sektor pertanian di Indonesia pasti punah. Dinosaurus pun bisa punah....? Dan ini berbahaya, jika negara komoditas bahan makanan pokoknya tergantung kpd negara lain maka bisa berakibat pada kontrol negara asing ke kita akan semakin kuat.

Tidak ada komentar: