Ayo gabung Neobux ! anda dibayar untuk tiap iklan yang anda klik

Rabu, 24 Desember 2008

SIMPLE THINGS

Oleh Ahmadi Addy S
Coba rekan-rekan perhatikan sekeliling anda, ada berapa banyak orang-orang yang kurang beruntung seperti fakir miskin, anak jalanan, pengemis atau orang yang tersesat. Pernah anda bayangkan hanya dengan beberapa receh uang logam telah menyelamatkan mobil kita dari goresan pengamen/anak jalanan yang usil karena tidak dikasih uang. Atau sebungkus nasi yang kita berikan kepada fakir miskin, yang hanya menyelamatkan dirinya dari kelaparan hari itu saja, tapi lihat ekspresi wajah dan tubuhnya ketika menerima pemberian kita itu. Atau menununjukkan arah kepada seseorang yang tersesat, saya yakin energi yang kita butuhkan tidak lebih dari kalori yang dihasilkan sebutir kacang.

Pernah datang melayat kepada seseoarang yang ketika ditanya rata-rata orang menjawab, dia orang baik. Dikatakan baik hanya gara-gara setiap bertemu orang dia selalu tersenyum dan menyapa. Hanya itu saja dikatakan baik. Tidak perlu membangun sekolah, menyumbang keramik untuk masjid, atau bagi-bagi uang ketika mau lebaran.

Suatu ketika anda datang kepada teman karib atau pasangan anda dengan segudang persoalan hidup entah pribadi, keluarga, pekerjaan. Anda menumpahkan semua kepada teman/pasangan anda. Padahal anda tahu temen/pasangan anda bukan ahli dalam persoalan itu dan ternyata dia hanya mendengarkan saja dengan seksama tentunya. Tak ada saran atau nasihat canggih layaknya psikolog, konsultan keuangan, yang keluar dari mulutnya hanya, gitu ya, yang sabar ya, kamu pasti bisa, paling canggih hanya apa yang bisa saya bantu?. Itu saja. Tapi itu cukup bagi anda bukan. Hanya ada mau mendengar. Temen anda atau pasangan anda tidak perlu sekolah tinggi, mencari gelar doktor atau phd untuk membantu anda.

Semua hal diatas adalah sederhana bagi kebanyakan anda yang membuka blog ini, uang receh, sebungkus nasi, senyuman, pendengar yang baik karena mustahil anda bisa membuka blog ini kalau hanya punya uang recehan, berpenghasilan hanya cukup membeli sebungkus nasi. Tapi lihat pengaruhnya jika kita melakukannya.

Semua asal adalah dari yang sederhana, kita tercipta dari pertemuan organ satu sel, sperma dan sel telur, organ primitif, berkembang menjadi organ super komplek. Lihat bagaimana penemuan kapal terbang, komputer, mobil, internet, susu rendah kalori, makanan kaleng semua dari ide-ide sederhana dan berawal dari impian.

Berangkat dari ide sederhana tentang pembuatan blog untuk komunitas sosek unibraw ini sebagai sarana meretas kembali silaturahim yang sempat terganggu, saya sangat menaruh respek kepada sang kreator, designer, temen-temen yang sekedar berkunjung, yang menulis, yang mengisi kotak tamu dan yang menginformasikan kepada temen-temen lain.

Dalam setiap kesempatan saya buka internet saya selalu membuka blog ini, hanya sekedar melihat ada apa disini, siapa yang menulis, kadang tidak penting apa isi tulisan itu, justru yang terbayang adalah penulisnya, sekarang dimana, kabarnya bagaimana, teringat dulu seperti apa, bagaimana saya kenal dia, mungkin kalau Andrea Hirata (Laskar Pekangi) tahu saya dianggap mengidap penyakit gila nomor 45, suka bernostalgia..he..he... Ada info apa, sesekali menulis, semacam pengobat rasa rindu kepada kawan-kawan. Kemarin kawan Luqman 96 mengatakan kepada saya kalau ternyata banyak teman yang berkunjung ke blog ini, walaupun tidak menulis atau mengisi buku tamu (bahasa kampung) tapi terlihat dari IP address. Dan saya senang mendengar gara-gara blog ini temen-temen Jabotabek pernah berkumpul. Termasuk juga saya kemarin ketemu Luqman 96 yang tiba-tiba seperti Roy Suryo, ahli IT, dan juga kawan Siswanto 96 yang tiba-tiba berubah sedikit religius, macam ustad Yusuf Mansyur...he..he..Dari yang sederhana menjadi bermakna. Kedepan pasti ada hal besar yang bisa dilakukan. I am sure...insyaAllah.

4 komentar:

Anonim mengatakan...

segar sekali rasanya melihat nasihat bijak dari bang addy saputra (boy) .... seperti mendengar nasehat dari AA Gym...hehehe

Anonim mengatakan...

kemarin aku barusan training di jogja. ada sesuatu yang menarik tentang kaizen. sebuah budaya kerja yang diadopsi oleh astra.itu berangkat dari sesuatu hal yang sederhana.
sederhana tetapi membawa perubahan besar. kadang2 kita sering berfikir besar tetapi tdk menghasilkan apapun, lupa akan sesuatu hal yang kecil dan sederhana, tetapi efeknya luar biasa.

sebuah tulisan yang menggugah hati untuk berfikir sederhana tetapi berdaya hasil besar.

sai'96

Anonim mengatakan...

mas boy...
luar biasa.. kata-katamu memberikan inspirasi bagi setiap orang membacanya sekaligus membuka memori masa lampau sewaktu di almamater nih.. hehhee

triwahyuni pkp'98

Anonim mengatakan...

makin banyak fans nya nih mas boy
rachman