Ayo gabung Neobux ! anda dibayar untuk tiap iklan yang anda klik

Jumat, 18 September 2009

Satu hati...semestinya....

Beberapa dari kita sering mengalami kejadian unik di sekitar kita. Sebagai contoh kecil, pada suatu ketika tangan kita begitu ringan mengangkat telepon dari seseorang diseberang sana, bahkan kadang begitu ringan mengulurkan tangan memberikan bantuan kepada seseorang. Cobalah juga kita tengok, ada banyak warung makan yang dalam penyajiannya tidak begitu istimewa tetapi pengunjung begitu ramai. Ada juga sebuah bengkel di kota kelahiran saya yang saya kira biasa saja, tapi banyak orang rela motornya menginap hanya untuk mencicipi reparasi dari sang empu bengkel.

Tetapi sebaliknya, jangankan mengangkat telepon melihat panggilan dari seseorang saja dianggap sebagai masalah. Beberapa penjual sudah sedemikian menerapkan service excellence tetapi tetep saja sepi pembeli.

““klik”” begitu kira-kira kesimpulan sederhana atas fenomena diatas. Maka yang namanya ““klik”” adalah persoalan rasa. Atas dasar “klik” tersebut tangan kita begitu ringan membantu tanpa banyak berhitung, kita menerima tamu atau telepon seberapa malampun, orang tak lagi mempermasalahkan soal service. Atas dasar “klik” pula maka perbedaan yang besar menjadi kecil bahkan terabaikan. Waktu menjadi lebih simple daripada hanya untuk membuang argumen dan akhirnya tak ada hasil.

Ada banyak kebahagian, kesuksesan atas dasar “klik”. Iya, dan “klik” adalah persoalan rasa. Maka dalam organisasi besar maupun dalam perkara rumah tangga, hubungan bos dan bawahan, rekan kerja, suami istri, ortu dan anak bahkan persoalan hubungan dengan Tuhan membutuhkan “klik” sehingga hubungan tersebut menjadi positif dan mutual.

Tak ada teori yang muluk-muluk yang saya sampaikan disini, hanya saja jika setelah sekian lama rekan-rekan direkatkan oleh tali persaudaraan atas nama anggota Sosek Faperta Unibraw maka banyak diantara kita yang sering menggugat kembali arti persaudaraan ini. Ini berarti bicara nilai. Seberapa nilai persaudaraan ini sehingga menghasilkan sebuah karya. Contoh sederhana ada beberapa gerakan sosial bahkan organisasi sosial yang didirikan oleh sebuah ikatan emosional sederhana, kumpulan alumni sekolah dasar yang sama, universitas yang sama, satu alumni tempat nongkrong. Bahkan beberapa perusahaan bisnis tergerak atas dasar ini.

Dan nilai adalah kumpulan dari rasa, maka sebelum kita merumuskan nilai maka pertanyaan besar dalam diri kita adalah adakah rasa itu, jika ada, masihkah? Dan jika tak ada bagaimana membangkitkannya,..karena rasa menimbulkan “klik” yang mampu meringankan langkah kita. Tak ada harapan yang muluk-muluk atas ikatan ini,..cukuplah rasa itu masih ada, dan sehingga tatkala ada sebuah panggilan untuk sesuatu yang besar atau kecil dari sesama kita, begitu ringan kita mengulurkan tangan….Kita…semestinya…satu hati…

Salam Addy “Boy” Saputra

2 komentar:

Unknown mengatakan...

"klik" kayak lagunya Ussy aja ya..
aku kayaknya udah "klik" ama kamu Boy.
he he he

Anonim mengatakan...

...lagunya Ussy sama dewa 19...kita...semestinya...satu hati...iya kita udh connect...betul..betul..betul...

boy