Ayo gabung Neobux ! anda dibayar untuk tiap iklan yang anda klik

Kamis, 11 November 2010

Obama Pulang Kampung

”Sate..Bakso..enak ya!” Tentunya kata-kata ini akan selalu terngiang di telinga kita. Kata-kata yang keluar dari orang nomor satu di sebuah negara adidaya. Masih ada kata-kata lainnya, seperti ”Indonesia adalah bagian dari diri saya” atau ucapan ”Assalamualaikum” di awal dan di akhir pidatonya. Semuanya pasti memberikan kesan baik bagi beberapa kalangan (yang tentunya juga ada beberapa kalangan lainnya yang menganggap ucapan-ucapan itu hanya kamuflase untuk memikat dan mendapatkan simpatik).

Itulah realita yang kita lihat pada saat om Barry Obama ’pulang kampung’ ke Indonesia kemarin. Walaupun Jakarta harus macet karena beberapa ruas jalan ditutup dimana-mana, dan seluruh orang dari berbagai kalangan seperti dosen, pengusaha, pejabat tinggi, dokter, bidan, karyawan hingga mahasiswa dari berbagai daerah rela berjubel-jubel antri untuk masuk ke Gedung Balairung UI sejak pukul 7 pagi demi menyaksikan kuliah umum Obama,dan saya pribadi juga harus merasakan akibat yang disebut ”Obama’s Coming Unfairness” di tempat saya bekerja, namun kedatangannya membawa harapan yang besar bagi bangsa kita. Pidato yang memukau dengan isi yang memunculkan harapan baru bagi setiap orang yang mendengarkan, serta dikemas dengan tampilan yang mempesona membuat semua orang tidak ingin menoleh sedikitpun dari seni panggung yang dibawakan oleh orator ulung ini. Semoga apa yang disampaikan oleh om Barry kemarin dapat dia buktikan, dan dapat menjadi contoh teladan bagi pemimpin negara lainnya. Amiiin....

Fida Meilini
SEA’99

2 komentar:

Unknown mengatakan...

hanya nostalgia aja..
tapi aku kagum ketika dia ngomong "indonesia bagian dari diri saya"..
ternyata ada bag indonesia yg bisa jadi presiden usa..
walaupun kalo dia mau mencalonkan jadi presiden di indonesia gak bakalan jadi..karena penuh trik kotor, uang, manipulasi dll..
selebihnya selayaknya orang indonesia bilang "obama adalah bagian dari indonesia" (lebay.com)

Luqman Setiawan mengatakan...

Bagaimanapun hebatnya Mr.Berry,harus diakui bahwa beliau adalah fatamorgana sekaligus cermin bagi kita di Indonesia.
Fatamorgana,karena kepentingan yang dia unggah adalah sepenuhnya untuk kepentingan nasional Amerika.dalam konteks kunjungan di indonesia : ya untuk memperkokoh eksistensi ekonomi amerika (perhatikan berita2 seputar target ekspor amrik 5 tahun ke depan sesuai komit delegasi tim ekonomi Obama kemarin).Ini artinya kurang lebih secara lugas : Mr Berry fokus untuk upselling. Bahwa ada "kembang gula" dari kunjungan kemaring berupa :komit bantuan blablabla itu gak lebih dari permen untuk withdraw resource RI yg lebih besar (Timika,Tangguh,Cepu,Riau,Balikpapan,Aceh,dll)

Sebagai cermin,artinya; retorika obama harus jadi kaca buat kita bahwa metode mutakhir saat ini untuk dapat memuluskan suatu transaksi bukan lagi dengan kekuatan fisik (meskipun Amrik pasti bisa dengan powernya)..tapi dengan kekuatan Persuasi. Orasi Mr.Berry di UI sebagai salah satunya: Mampu menyihir intelektual kampus terdepan di negeri ini, sekaligus persuasi jalan amerika ...

Last but not least, 5 rate buat Fida atas postingnya !